Sistem informasi pemasaran adalah
sebuah kegiatan perorangan atau sekelompok yang memberikan pelayanan dalam
pertukaran barang atau jasa secara terorganisasi dalam lingkup yang luas dengan
cara mempromosikan dan menentukan harga barang dan jasa. Sistem informasi
pemasaran selalu digunakan oleh bagian pemasaran dalam sebuah perusahaan untuk
mempromosikan produk – produk perusahaan tersebut. Dalam sistem ini pengambilan
keputusan penting sangat berpengaruh yaitu:
§ Produk
Produk tersebut harus memenuhi
kebutuhan konsumen.
§ Tempat
Tempat penjualan biasanya ditempat
yang ramai dan banyak orang.
§ Promosi
Promosi yang baik pasti akan menarik
perhatian konsumen.
§ Harga Produk
Harga produk harus sesuai dengan kemampuan
konsumen, biasanya semakin mahal sebuah produk maka semakin sedikit pembelinya.
Sistem informasi pemasaran memiliki
beberapa komponen sbb:
a.
Input
Pemasaran
Sistem informasi pemasaran melakukan
penelitian untuk mengumpulkan data yang menjelaskan transaksi pemasaran
perusahaan, membuat laporan tentang operasional pemasaran.
b.
Model
Pemasaran
Model pemasaran melakukan kegiatan
untuk memperoleh informasi yang akurat sesuai keperluan pengguna sistem
tersebut. Model ini merupakan tempat pemrosesan dari input sampai output. Model
tersebut juga berguna untuk pembuatan laporan anggaran operasional, penentuan
harga produk, pembuat produk baru, pemilihan lokasi pemasaran, penentuan
pemasaran yang menarik dan pemilihan jalur pemasaran yang efektif.
c.
Basis
Data Pemasaran
Komponen ini berisi berbagai data yang
terkait dengan bagian pemasaran dan berguna untuk memberikan informasi yang
dibutuhkan pihak terkait. Beberapa data sering dikelompokkan sesuai dengan
fungsinya masing – masing.
d.
Output
Pemasaran
Setiap input pasti memiliki output
maka output pemasaran berisi informasi produk perusahaan yang akan dipasarkan.
Beberapa cara untuk memperoleh
informasi pemasaran:
·
Catatan Internal
Bagian pemasaran menggunakan catatan
dan laporan internal secara teratur, terutama untuk mengambil keputusan
perencanaan, implementasi dan pengendalian tugas sehari - hari. Informasi
catatan internal terdiri dari informasi yang dikumpulkan dari sumber di dalam
perusahaan untuk mengevaluasi kinerja pemasaran dan untuk mengetahui masalah
serta pemasaran.
·
Pengetahuan Pemasaran
Pengetahuan pemasaran adalah
informasi sehari-hari mengenai perkembangan dilingkungan pemasaran yang
membantu manajer menyiapkan dan menyesuaikan rencana pemasaran. Sistem
pengetahuan pemasaran menetapkan pengetahuan apa yang dibutuhkan,
mengumpulkannya dengan mencari dalam lingkungan sekitar.
·
Riset Pemasaran
Riset pemasaran sebagai fungsi yang
menghubungkan pemasar dengan konsumen, pelanggan, dan publik lewat informasi.
Informasi itu dipergunakan untuk mengetahui dan menentukan peluang serta
masalah pemasaran, untuk menghasilkan, mempertajam, dan mengevaluasi tindakan
pemasaran, untuk memantau kinerja pemasaran dan memperbaiki pemahaman mengenai
proses pemasaran. Peneliti pemasaran terlibat dalam berbagai macam aktivitas,
dari telah potensi pasar dan pangsa pasar, untuk menilai kepuasan pelanggan dan
tingkah laku membeli, untuk mempelajari aktivitas penetapan harga, produk,
distribusi, dan promosi.
·
Analisis informasi
Informasi yang dikumpulkan oleh
sistem pengetahuan pemasaran dan riset pemasaran sering kali perlu dianalisis
lebih lanjut dan kadang - kadang manajer memerlukan bantuan lebih lanjut untuk
menerapkan informasi tadi pada masalah dan keputusan pemasaran. Analisis
informasi mungkin juga mencakup koleksi model matematika yang akan membantu
pemasaran mengambil keputusan lebih baik. Setiap model mewakili beberapa
sistem, proses, atau hasil yang sebenarnya. Semua model ini dapat membantu
menjawab pertanyaan mengenai apa yang terjadi kalau
dan mana yang terbaik.
Source:
http://omie-duth.blogspot.com/2010/11/sistem-informasi-pemasaran.html
http://mulyajho.blogspot.com/2012/08/materi-sistem-informasi-pemasaran.html
http://www.scribd.com/doc/33690003/SISTEM-INFORMASI-PEMASARAN
0 komentar:
Posting Komentar