Sabtu, 24 November 2012

Sistem Informasi Pemasaran


      Sistem informasi pemasaran adalah sebuah kegiatan perorangan atau sekelompok yang memberikan pelayanan dalam pertukaran barang atau jasa secara terorganisasi dalam lingkup yang luas dengan cara mempromosikan dan menentukan harga barang dan jasa. Sistem informasi pemasaran selalu digunakan oleh bagian pemasaran dalam sebuah perusahaan untuk mempromosikan produk – produk perusahaan tersebut. Dalam sistem ini pengambilan keputusan penting sangat berpengaruh yaitu:
§  Produk
Produk tersebut harus memenuhi kebutuhan konsumen.
§  Tempat
Tempat penjualan biasanya ditempat yang ramai dan banyak orang.
§  Promosi
Promosi yang baik pasti akan menarik perhatian konsumen.
§  Harga Produk
Harga produk harus sesuai dengan kemampuan konsumen, biasanya semakin mahal sebuah produk maka semakin sedikit pembelinya.
Sistem informasi pemasaran memiliki beberapa komponen sbb:
a.    Input Pemasaran
Sistem informasi pemasaran melakukan penelitian untuk mengumpulkan data yang menjelaskan transaksi pemasaran perusahaan, membuat laporan tentang operasional pemasaran.
b.    Model Pemasaran
Model pemasaran melakukan kegiatan untuk memperoleh informasi yang akurat sesuai keperluan pengguna sistem tersebut. Model ini merupakan tempat pemrosesan dari input sampai output. Model tersebut juga berguna untuk pembuatan laporan anggaran operasional, penentuan harga produk, pembuat produk baru, pemilihan lokasi pemasaran, penentuan pemasaran yang menarik dan pemilihan jalur pemasaran yang efektif.
c.    Basis Data Pemasaran
Komponen ini berisi berbagai data yang terkait dengan bagian pemasaran dan berguna untuk memberikan informasi yang dibutuhkan pihak terkait. Beberapa data sering dikelompokkan sesuai dengan fungsinya masing – masing.
d.    Output Pemasaran
Setiap input pasti memiliki output maka output pemasaran berisi informasi produk perusahaan yang akan dipasarkan.
Beberapa cara untuk memperoleh informasi pemasaran:
·      Catatan Internal
Bagian pemasaran menggunakan catatan dan laporan internal secara teratur, terutama untuk mengambil keputusan perencanaan, implementasi dan pengendalian tugas sehari - hari. Informasi catatan internal terdiri dari informasi yang dikumpulkan dari sumber di dalam perusahaan untuk mengevaluasi kinerja pemasaran dan untuk mengetahui masalah serta pemasaran.
·      Pengetahuan Pemasaran
Pengetahuan pemasaran adalah informasi sehari-hari mengenai perkembangan dilingkungan pemasaran yang membantu manajer menyiapkan dan menyesuaikan rencana pemasaran. Sistem pengetahuan pemasaran menetapkan pengetahuan apa yang dibutuhkan, mengumpulkannya dengan mencari dalam lingkungan sekitar.
·      Riset Pemasaran
Riset pemasaran sebagai fungsi yang menghubungkan pemasar dengan konsumen, pelanggan, dan publik lewat informasi. Informasi itu dipergunakan untuk mengetahui dan menentukan peluang serta masalah pemasaran, untuk menghasilkan, mempertajam, dan mengevaluasi tindakan pemasaran, untuk memantau kinerja pemasaran dan memperbaiki pemahaman mengenai proses pemasaran. Peneliti pemasaran terlibat dalam berbagai macam aktivitas, dari telah potensi pasar dan pangsa pasar, untuk menilai kepuasan pelanggan dan tingkah laku membeli, untuk mempelajari aktivitas penetapan harga, produk, distribusi, dan promosi.
·      Analisis informasi
Informasi yang dikumpulkan oleh sistem pengetahuan pemasaran dan riset pemasaran sering kali perlu dianalisis lebih lanjut dan kadang - kadang manajer memerlukan bantuan lebih lanjut untuk menerapkan informasi tadi pada masalah dan keputusan pemasaran. Analisis informasi mungkin juga mencakup koleksi model matematika yang akan membantu pemasaran mengambil keputusan lebih baik. Setiap model mewakili beberapa sistem, proses, atau hasil yang sebenarnya. Semua model ini dapat membantu menjawab pertanyaan mengenai apa yang terjadi kalau dan mana yang terbaik.


Source:
http://omie-duth.blogspot.com/2010/11/sistem-informasi-pemasaran.html

http://mulyajho.blogspot.com/2012/08/materi-sistem-informasi-pemasaran.html

http://www.scribd.com/doc/33690003/SISTEM-INFORMASI-PEMASARAN

0 komentar:

Posting Komentar