Minggu, 17 Februari 2013

RINGKASAN SISTEM BASIS DATA

(Pertemuan 3)

Entitas merupakan individu yang mewakili sesuatu yang nyata (eksistensinya) dan dapat dibedakan dari sesuatu yang lain (Fathansyah, 1999). Dari pendapat diatas dapat disimpulkan bahwa entitas adalah segala sesuatu yang dapat digambarkan oleh data, itu dapat berupa tabel (table), berkas (data file), penyimpanan data (data source), Entitas dibagi menjadi 2 bentuk yaitu: entitas kuat dan entitas lemah. Entitas kuat merupakan entitas yang tidak memiliki ketergantungan dengan entitas lainnya, sedangkan entitas lemah merupakan entitas yang kemunculannya tergantung pada keberadaaan entitas lain dalam suatu relasi.
Contoh:
-        Pekerjaan: Dokter, Dosen, Guru, Penyanyi, Sekertaris, Direktur.
-        Benda: Handphone, Speaker, Parfum, Kertas, Pensil.
-        Tempat: Kampus, Kos, Stadion, Perpustakaan, Stasiun.
Elemen dalam struktur entitas:
-    Super key, merupakan gabungan semua field.
-    Candidate key, merupakan atribut - atribut yang mengidentifikasikan gabungan dari nilai - nilai yang unik. Setiap tabel memiliki satu atau lebih candidat key.
-   Primary key, merupakan kunci yang dipilih untuk mengidentifikasikan entitas yang paling unik.
-  Alternate key, merupakan candidate key yang tidak terpilih. Jika dalam sebuah entity terdapat dua field yang dapat digunakan sebagai primary key. Padahal yang dapat dijadikan primary key hanya satu. Dan candidate key yang tak terpilih tersebut merupakan alternate key.
-   Foreign key, merupakan suatu kumpulan field dalam sebuah relasi yang digunakan untuk menunjuk ke suatu baris pada relasi yang lain. Hal ini terjadi jika sebuah primary key terhubung pada entity lain. Dan keberadaan primary key pada entity tersebut disebut sebagai foreign key.
Record atau tuple adalah Kumpulan elemen - elemen data yang saling berkaitan menginformasikan tentang suatu entitas secara lengkap. Satu record mewakili satu data atau informasi, biasanya record berupa tabel.
Contoh:
Pegawai memiliki record: NIP, Nama, Alamat, Pangkat, Jabatan, dsb.
Field atau atribut adalah deskripsi data yang bisa mengidentifikasi entitas yang membedakan entitas tersebut dengan entitas yang lain. Seluruh atribut harus cukup untuk menyatakan identitas obyek, atau dengan kata lain, kumpulan atribut dari setiap entitas dapat mengidentifikasi keunikan suatu individu.
Contoh:
Mahasiswa memiliki atribut: nim, nama, jenis kelamin, TTL, alamat.
Atribut itu lah yang membedakan mahasiswa satu dengan mahasiswa yang lain.
Relasi merupakan sebuah tabel dengan kolom-kolom dan baris-baris. Pada model relasional, relasi digunakan untuk menyimpan informasi mengenai objek-objek yang direpresentasikan dalam sebuah basis data. Relasi ini digambarkan dalam bentuk tabel dua dimensi.
Jenis – Jenis Relasi antar Entitas:
a.    One to One
Setiap entitas pada himpunan entitas A berhubungan dengan paling banyak dengan satu entitas pada himpunan entitas begitu juga sebaliknya setiap entitas pada himpunan entitas B berhubungan dengan paling banyak dengan satu entitas pada himpunan entitas.
b.   One to Many
Setiap entitas pada himpunan entitas A dapat berhubungan dengan banyak entitas pada himpunan entitas B, tetapi tidak sebaliknya, dimana setiap entitas pada himpunan entitas B berhubungan dengan paling banyak dengan satu entitas pada himpunan entitas A.
c.    Many to One
Setiap entitas pada himpunan entitas A berhubungan dengan paling banyak dengan satu entitas pada himpunan entitas B, tetapi tidak sebaliknya, dimana setiap entitas pada himpunan entitas A berhubungan dengan paling banyak satu entitas pada himpunan entitas B.
d.   Many to Many
Setiap entitas pada himpunan entitas A dapat berhubungan dengan banyak entitas pada himpunan entitas B, demikian juga sebaliknya, di mana setiap entitas pada himpunan entitas B dapat berhubungan dengan banyak entitas pada himpunan entitas A.

0 komentar:

Posting Komentar